3 Jenis Penyajian Menu Saat Bersantap di Hotel

3 Jenis Penyajian Menu Saat Bersantap di Hotel

Editor AJAR.id

3 Jenis Penyajian Menu Saat Bersantap di Hotel

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Kualitas sebuah hotel selain dilihat dari fasilitas yang ada, juga dinilai dari santapannya. Menu yang disajikan pada restoran hotel selalu beragam, mulai dari western foodlocal food, Japanese food, dan masih banyak lagi. Pada artikel ini, AJAR.id bukan membahas jenis hidangannya tetapi jenis penyajian hidangan tersebut. Secara garis besar ada tiga jenis penyajian menu di restoran. Nah, langsung simak aja yuk!

Pertama, À la carte

Jenis penyajian ini memiliki ciri-ciri seperti:

  • Hidangan baru akan disiapkan saat ada pemesanan
  • Menawarkan pilihan appetizer, makanan pembuka (entrée), salad, hidangan utama, dessert dan snack
  • Ada banyak pilihan dari tiap kategori makanan dan minuman
  • Harganya dihitung per item.

Saat menu à la carte yang ditawarkan, maka tatanan cutlery pada meja makan diatur dalam pengaturan basic yaitu hanya dengan meletakkan sendok dan garpu untuk main course. Saat tamu sudah memilih hidangan yang diinginkan, barulah penataan disesuaikan dengan pilihan menu tersebut. Hal-hal yang disesuaikan seperti misalnya:

  • Menaruh sendok sup bila tamu memesan menu sup
  • Pisau main course diganti pisau daging steak jika ada pesanan steak
  • Alat makan untuk hidangan ikan disiapkan kalau tamu memesan menu ikan
  • Alat makan khusus dessert ditata jika tamu memesan dessert.

Kedua, Table d'hôte

Jenis menu ini sangat populer dan hampir setiap hotel menyediakannya. Menu table d'hôte merupakan satu set menu yang terdiri dari beberapa sajian. Tamu harus membayar set menu tersebut bukan berdasarkan banyaknya hidangan yang dimakan.

Satu set menu biasanya terdiri dari appetizer, soup, main course lalu dessert. Penataan cutlery pun juga disesuaikan, sama halnya dengan penyesuaian pada menu à la carte. Waiter harus cepat tanggap saat ada cutlery yang perlu diganti/diambil saat tamu memilih hidangan tertentu.

Ketiga, Buffet

Menu buffet atau biasa disebut prasmanan merupakan tatanan menu yang selalu tersedia di hotel. Sering juga sajian buffet ditemukan pada restoran-restoran berkonsep keluarga.

Dalam penyajian buffet, hidangan tersaji di meja panjang sehingga tamu bisa memilih makanan apa yang diinginkan lalu mengambilnya sendiri alias self-service. Harga menu buffet biasanya dihitung per orang bukan per porsi.

Sahabat Ajarian, selain menu-menu di atas, terdapat variasi menu lain yang kerap ditawarkan di hotel, seperti Soup Of The Day, Dessert Of The Day, atau hidangan musiman. Menu spesial biasanya dituliskan pada papan atau disertakan dalam buku menu.

Saat tamu ditawarkan sejumlah menu, ada baiknya Kamu juga menginformasikan bila ada hal-hal yang perlu diketahui mereka seperti pajak restoran, komposisi makanan, tingkat kematangan makanan, dsb. Hal ini untuk menghindari tamu merasa kecewa atau ditipu saat menu yang mereka santap tidak sesuai ekspektasi. Setelah ini, baca juga yuk artikel Cara Mencatat Pesanan Tamu di Restoran.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News