3 Elemen Penting dalam Saus Berkualitas Baik

3 Elemen Penting dalam Saus Berkualitas Baik

AJAR Hospitality

3 Elemen Penting dalam Saus Berkualitas Baik

AJAR.id – Hello Ajarian! Saus adalah cairan yang memiliki rasa dan disajikan dengan hidangan daging atau sayuran. Peran saus adalah untuk melumasi produk, juga untuk menambah rasa dan daya tarik visual. Beberapa jenis saus bahkan menjadi penentu rasa utama dari sebuah hidangan, contohnya semur dan casserole.

Saus dapat disajikan sebagai pelengkap sepotong daging panggang, sehingga saus dibumbui sedemikian rupa untuk melengkapi rasa daging panggang tersebut.

Terdapat tiga elemen penting yang terkandung dalam saus berkualitas baik, yaitu:

  1. Kaldu asli yang dibumbui dengan baik
    Kaldu yang asli bisa diketahui melalui aromanya yang lebih kuat dibanding kaldu instan. Saat dicicipi, tekstur kaldu akan terasa lebih kental dan agak berminyak. Minyak ini berasal dari lemak yang terekstraksi dari daging dan tulang yang larut dalam kaldu. Kaldu asli yang dibumbui dengan baik akan terasa gurih dan lezat tanpa rasa asin yang berlebihan.
  2. Zat pengental
    Zat pengental yang paling populer untuk saus, baik saus manis maupun asin, adalah tepung. Ketika tepung dicampur dengan air dan terkena panas, tepung akan membuka dan menyerap kelembaban lalu menahan kelembaban itu, sehingga cairan menjadi kental.

Kamu juga bisa menggunakan roux. Roux adalah campuran tepung terigu dan mentega yang telah dimasak bersama. Ada...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News