11 Penyebab Terjadinya Kesalahpahaman Akibat Perbedaan Budaya

11 Penyebab Terjadinya Kesalahpahaman Akibat Perbedaan Budaya

AJAR Hospitality

11 Penyebab Terjadinya Kesalahpahaman Akibat Perbedaan Budaya

AJAR.id – Hello Ajarian! Bekerja di hotel memberikanmu kesempatan untuk bertemu dengan berbagai tamu dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Menemui keragaman budaya tentu akan memperluas wawasan dan pengalaman yang Kamu miliki.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah adanya kemungkinan masalah yang timbul dari perbedaan budaya tersebut. Kesalahpahaman dalam komunikasi lintas budaya dapat terjadi sebagai akibat dari perbedaan dan kebutuhan budaya berikut:

1. Kendala bahasa
Masalah akibat kendala bahasa bisa terjadi saat satu pihak mengira mereka menggunakan kata dalam konteks yang sesuai, tetapi ternyata disalahartikan oleh pihak lain. Kurangnya pemahaman yang komprehensif tentang suatu bahasa dapat menyebabkan banyak masalah yang dihadapi.

Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak istilah lokal. Orang-orang dari latar belakang bahasa yang berbeda juga bisa bingung, malu atau tersinggung oleh penggunaan istilah lokal sehingga ini sebaiknya dihindari.

2. Sapaan dan panggilan
Budaya yang berbeda bisa menggunakan sapaan yang berbeda untuk memanggil seseorang. Sebagai contoh yaitu penggunaan sapaan dalam bahasa Inggris seperti Mr, Mrs, dan Miss).

Kegagalan untuk menggunakan sapaan yang tepat tidak selalu mengindikasikan kurangnya rasa hormat, atau niat untuk menyinggung tetapi tetap dapat membuat kebingungan, kesalahpahaman...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News