10 Langkah Pencatatan Transaksi Pembelian Kredit di Hotel

10 Langkah Pencatatan Transaksi Pembelian Kredit di Hotel

AJAR Hospitality

10 Langkah Pencatatan Transaksi Pembelian Kredit di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Tidak semua transaksi pembelian untuk memenuhi kebutuhan hotel dilakukan secara tunai atau cash. Untuk transaksi yang jumlahnya puluhan juta hingga ratusan juta biasanya dilakukan secara kredit.

Mengapa demikian?

Transaksi pembelian secara kredit dilakukan untuk menjaga aliran kas (cash flow) unit hotel sehingga kas yang seharusnya digunakan untuk membayar tunai transaksi pembelian tersebut bisa dialokasikan ke pos pembayaran yang lain seperti pembayaran utilitas (listrik, PDAM, telepon, dan internet).

Di dalam mencatatkan transaksi pembelian secara kredit terdapat langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang staf utang atau Account Payable Staff.

Apa saja langkah-langkah pencatatan transaksi hutang oleh staf AP?

Langkah-langkah pencatatan hutang milik hotel:

Langkah pertama
Alur transaksi pembelian barang dimulai oleh bagian purchasingPurchasing membuat purchase order untuk dikirimkan ke supplierPurchase order tersebut memuat termin pembayaran seperti n/30 (dibayar setelah 30 hari), atau n/15 (dibayar setelah 15 hari).

Langkah kedua
Supplier kemudian mengirimkan barang beserta lampiran...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News