AJAR.id  Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya Kamu tentu sudah memahami apa saja Tugas Utama Concierge di Hotel, di mana tugas-tugas tersebut melibatkan interaksi dengan tamu hotel. Untuk memulai berinteraksi, Kamu perlu memahami dulu seperti apakah cara berkomunikasi yang baik di bawah ini:

Pertama, Bersikap Profesional dan Sopan

Sikap profesional adalah ketika Kamu bisa menempatkan diri dengan baik di hadapan tamu dengan mengikuti pedoman kode etik yang berlaku. Tunjukkan sikap sopan dan ingatlah, perlakukan tamu sebagaimana Kamu ingin diperlakukan oleh orang lain

Kedua, Berbicara dengan Jelas

Gunakan intonasi normal, jangan terlalu tinggi atau rendah. Berikan informasi dengan akurat tanpa bertele-tele. Kalau Kamu mengetahui nama tamu, maka panggil dengan nama mereka seperti misalnya ‘Pak Budi’ atau ‘Ibu Nita’.

Ketiga, Menjaga Privasi Tamu

Berinteraksi dengan tamu sangat memungkinkan Kamu untuk mengetahui informasi-informasi yang sifatnya personal, atau perihal bisnis yang tidak boleh sembarangan disebarluaskan. Hargai privasi tamu meskipun Kamu mengetahui permasalahan mereka.

Keempat, Menjunjung Tinggi Kejujuran

Nilai kejujuran sangatlah penting dalam berkomunikasi, berikan informasi sesuai fakta, dan jalankan pekerjaanmu

Itulah empat tips berkomunikasi dengan tamu di hotel. Dengan memahami aturan dalam berkomunikasi, Kamu akan menjalin hubungan yang baik dengan tamu dan meyakinkan mereka untuk datang menginap kembali.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya