AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang telah dijelaskan pada artikel efisiensi energi di hotel bahwa efisiensi energi sangat penting dan memiliki banyak manfaatnya untuk hotel. Pieter de Vries pun juga mengatakan bahwa dalam beberapa kasus biaya energi hotel mengambil alih biaya para pegawai di Seminar Penghematan Energi untuk Hotel tanggal 13 Juni 2008.

Nah, tentunya kamu gak mau kan gajimu berkurang karena hotel harus mengeluarkan biaya energi yang digunakannya secara tidak optimal.

Lalu pertanyaannya adalah sapa yang bertanggung jawab untuk melaksanakan efisiensi energi di hotel?

Jawabannya “SEMUANYA

Semua yang terlibat di hotel wajib melakukan penghematan energi. Mulai dari jajaran manajemen hotel, chief dan staf engineering, sampai pada karyawan hotel yang berhadapan langsung dengan para tamu.

Namun utamanya, yang paling bertanggung jawab  dalam pelaksanaan teknis penghematan energi ini adalah chief engineer dan para stafnya, yang secara langsung bertanggung jawab terhadap operasional sistem energi di hotel.

Lalu bagaimana cara menghemat energi di hotel?

Sahabat Ajarian, tentunya Kamu mengetahui bahwa penggunaan energi yang efisien di bangunan hotel, berarti bahwa energi digunakan untuk seoptimal mungkin memenuhi kebutuhan tamu, tanpa adanya energi yang terbuang atau berlebihan.

Sebaliknya, fokus penghematan energi tanpa memperhatikan kepuasan tamu bukan merupakan bentuk efisiensi energi. Oleh karena itu, ketika Kamu menerapkan penghematan energi di bangunan hotel, Kamu harus tetap mengedepankan prinsip 4K, yaitu:

  1. kenyamanan
  2. keselamatan
  3. keindahan/estetika
  4. kelancaran staf saat bekerja

Sahabat Ajarian, sebagai hotelier jempolan, Kamu bertanggung jawab atas pengeluaran energi di hotel dan turut melaksanakan program efisiensi energi tanpa mengurangi kepuasan tamu terhadap hotel.

Salam Jempol!

By Editor Ajar

Sumber: www.iced.or.id