AJAR.id ─ Hello Ajarian! Dalam membersihkan area kamar, room attendant membutuhkan alat kebersihan yang sesuai dengan area atau objek yang akan dibersihkan. Di hotel, alat kebersihan yang digunakan room attendant ada beragam jenisnya, mulai dari alat kebersihan manual hingga yang bermesin.  Pada artikel ini AJAR.id akan menjabarkan apa saja alat kebersihan yang harus disiapkan room attendant sebelum menjalankan tugas. Langsung simak aja yuk!

  1. Housekeeping trolley ─ disebut juga sebagai ‘Maids Trolley’, yang berfungsi sebagai tempat membawa segala perlengkapan yang Kamu butuhkan untuk membersihkan kamar. Kondisi troli sebelum digunakan haruslah bersih, rapi, dan aman. Umumnya pada troli housekeeping sudah terpasang dua buah tas kantung ukuran besar. Tas pertama untuk menyimpan linen sementara yang kedua sebagai tempat sampah.
  2. Sapu dan sikat ─ ada banyak jenis sapu dan sikat yang digunakan di hotel, mulai yang terbuat dari jerami hingga bulu sintetis. Walau beragam macamnya, fungsi sapu dan sikat tetap sama yaitu untuk membersihkan debu dan kotoran. Berikut adalah macam-macam sapu dan sikat: carpet brush, scrubbing brush, sink brush, toilet brush, wall brush, soft broom, dan hand brush.
  3. Alat pel ─ kain lap dan spons biasanya digunakan dalam kondisi lembab atau setengah basah untuk membersihkan permukaan. Menggunakan alat ini harus disertai dengan multi-purpose cleaner (MPC) agar pembersihannya maksimal.
  4. Vacuum cleaner ─ mesin vacuum harus dicek sebelum digunakan: apakah sudah dalam kondisi kosong? Tersediakah kantung debu cadangan? Adakah bagian kabel yang terkelupas? Pastikan juga semua aksesoris mesin sudah lengkap agar vacuum cleaner bisa beroperasi dengan baik.
  5. Ember ─ ember yang digunakan harus dalam kondisi tidak berlubang pada sisinya, tidak bocor dan tidak berbau. Umumnya room attendant akan menggunakan ember berbentuk container yang terpasang pada troli pel. Selain untuk menampung air, ember juga berfungsi sebagai tempat menaruh botol chemical, kain lap, dll.
  6. Protective gloves ─ tiap troli housekeeping harus sudah disediakan protective gloves dalam jumlah memadai. Gloves harus Kamu kenakan untuk melindungi dari cairan berbahaya serta untuk menjaga higienitas. Silakan mengacu pada Occupational Safety and Health (OSH) untuk petunjuk lebih lanjut tentang penggunaan protective gloves yang benar.
  7. Housekeeping uniform ─ biasa disebut juga sebagai protective clothing alias pakaian pelindung.
  8. Kain lap ─ pihak hotel wajib menyediakan pakaian pelindung terutama saat area kerja memiliki risiko. Staf pun wajib mengenakannya ketika diinstruksikan.
  9. Warning signswarning sign atau yellow sign wajib diletakkan saat proses pembersihan sedang berlangsung. Yellow sign berfungsi sebagai peringatan bagi tamu maupun staf yang beraktivitas di area tersebut.
  10. Dust pandust pan atau pengki dibutuhkan saat Kamu menyapu kotoran pada sebuah area. Dust pan memudahkanmu untuk mengumpulkan debu dan kotoran lalu membuangnya ke tempat sampah.

Selalu bersihkan dulu alat-alat tersebut sebelum digunakan, serta cuci pula saat akan disimpan. Hal ini bertujuan untuk merawat peralatan kebersihan agar awet dan tidak menjadi sarang kotoran. Kalau ada alat yang rusak atau harus diganti, laporkan pada Supervisormu ya agar bisa ditindaklanjuti. Selain peralatan di atas, ketahui juga apa saja chemical yang digunakan room attendant.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya