AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap unit hotel pasti memiliki nama tersendiri, sebutlah saja beberapa hotel yang sudah dikenali oleh masyarakat umum seperti Hotel Santika, Hotel Dafam, Hotel Aston, Hotel Ibis, Hotel Novotel, Hotel Hyatt, dan lain-lain.

Merek atau brand dari contoh hotel di atas sudah sangat familier di pikiran konsumen. Kemampuan konsumen/tamu di dalam mengingat sebuah logo atau merek disebut dengan brand awareness. Brand awareness ini sangat dibutuhkan oleh hotel di dalam menggaet tamu.

Dalam membangun sebuah kesadaran akan merek, salah satu cara yang memiliki pengaruh besar adalah iklan. Iklan dapat memberikan paparan yang berulang pada sebuah merek dan dengan iklan pula identitas dari sebuah brand dapat secara konsisten disajikan.

Lalu apa saja kah manfaat dari brand hotel yang kuat?

Berikut adalah lima manfaat yang bisa hotel dapatkan ketika brand image hotel tumbuh  semakin kuat.

  1. Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen
    Tak bisa dipungkiri bila unit hotel ternama selalu mendapatkan ruang khusus di hati para konsumen. Bahkan tak jarang konsumen pun lebih senang menginap di hotel yang memiliki merek ternama dibandingkan memilih unit hotel baru yang belum jelas identitasnya. Semakin kuat brand image yang dimiliki sebuah hotel maka semakin besar pula minat konsumen untuk menginap di hotel tersebut.
  1. Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan
    Ketika brand image yang Kamu miliki telah mendapatkan nilai plus di mata para konsumen, maka secara tidak langsung para konsumenlah yang akan mendatangi unit hotelmu. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan transaksi berulang-ulang dan menjadi pelanggan setia unit hotelmu tanpa harus diminta. Apabila loyalitas konsumen telah terbangun, para pelanggan pun tidak segan-segan untuk mereferensikan hotelmu kepada orang lain yang mereka kenal. Sehingga peluang Kamu untuk meningkatkan occupancy kamar hotel semakin besar.
  1. Membuka peluangmu untuk menetapkan harga jual yang baik
    Mungkin Kamu pernah mendengar istilah orang Jawa yang sering mengatakan “ono rego ono rupo”, maksud dari istilah tersebut adalah bahwa barang yang berkualitas (bermerek) selalu diiringi dengan harga jual yang lebih tinggi. Bahkan para pelanggan pun tidak perlu ragu ketika mereka harus membayar tarif kamar dengan harga yang lebih mahal, karena mereka telah percaya bahwa unit hotel tempat mereka menginap memiliki kualitas yang benar-benar terjamin.
  1. Peluang bagi corporate untuk melakukan diferensiasi unit hotel
    Ketika merek hotel sudah cukup kuat, maka tidak menutup kemungkinan corporate pun bisa melakukan diferensiasi unit hotel untuk memperluas pangsa pasar yang sudah ada. Strategi pemasaran inilah yang sering dijalankan perusahaan-perusahaan besar untuk menguasai pasar dan mengalahkan para pesaingnya. Contohnya saja sebuah corporate manajemen hotel yang mulai membuat budget hotel sebagai diferensiasi unit hotel yang dimilikinya
  1. Menjadi ciri tertentu yang membedakan diri dengan pesaing
    Keberadaan merek menjadi kunci utama bagi para konsumen untuk membedakan unit hotelmu dengan milik para pesaing. Semakin kuat brand yang tertanam dalam benak para konsumen, maka semakin mudah pula mereka membedakan unit hotel Kamu dengan unit hotel lainnya yang mirip secara segi fasilitas. Sehingga peluangmu untuk memenangkan persaingan pasar semakin terbuka lebar dan occupancy kamar hotelmu pun meningkat tajam.

Oleh sebab itu, jangan heran ketika Kamu bertanya “enaknya nginep di hotel mana nih?” temanmu menjawab “sebuah nama hotel yang sudah dikenal”. Sahabat Ajarian, itulah pentingnya brand awareness bagi corporate yang mengelola unit hotel.

Salam Jempol!