AJAR.id – Hello Ajarian! Di setiap hotel pastilah sangat mengedepankan sistem keamanan agar tamu merasa nyaman dan aman ketika menginap. Selain itu, sistem keamanan di hotel bertujuan agar karyawan juga merasa aman ketika bekerja di hotel.

Apa saja peralatan yang menunjang sistem keamanan di hotel?

Berikut ini adalah 8 sistem keamanan di hotel:

1. CCTV
CCTV (Closed Circuit Television) adalah sistem kamera pengawas yang menggunakan sinyal tertutup (closed circuit)CCTV digunakan untuk mengawasi suatu area yang dianggap penting atau rawan, mengingat makin banyaknya tindak kejahatan yang sangat merugikan. CCTV ini biasanya di pasang di tempat-tempat yang bersifat publik seperti di lobi hotel, di parkiran hotel, di koridor kamar hotel, di lift, di restaurant, di kantin karyawan, dan di lorong ruang kerja karyawan.

2. Smoke Detector
Smoke detector ini adalah sistem keamanan yang terdapat di tiap kamar hotel. Fungsi dari smoke detector ini adalah mendeteksi adanya kepulan asap yang memenuhi ruang kamar sehingga karyawan hotel di divisi engineering bisa tahu adanya asap yang dapat dimungkinkan sebagai titik awal terjadinya kebakaran.

3. Fire Sprinkler
Fire Sprinkler adalah alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis. Umumnya, fire sprinkler ini di pasang pada gedung yang memiliki ketinggian di atas lima lantai atau tempat yang memiliki fasilitas umum dan memiliki tingkat bahaya kebakaran lebih tinggi seperti hotel.
Cara kerja fire sprinkler, saat terjadi kebakaran. Api memanaskan cairan yang ada dalam tabung kaca (close-head glass bulb). Apabila panas sudah mencapai suhu tertentu (+/- 68 Celcius) maka tabung kaca akan pecah. Setelah tabung kaca pecah, maka air akan keluar dari mulut pipa.

4. Fire Alarm
Fire alarm ini adalah alarm tanda terjadinya kebakaran di hotel. Fire alarm ini akan berbunyi apabila api telah melepaskan atau memanaskan kepala sprinkle sehingga sprinkle mengeluarkan air.

5. Genset Alarm
Genset alarm ini adalah sistem keamanan berupa alarm yang berbunyi dan memberikan peringatan kepada staf Engineering ketika genset mengalami kebocoran bahan bakar atau overheating.

6. Gas Detector
Gas detector ini berfungsi untuk mendeteksi terjadinya kebocoran gas baik itu gas yang ada di dalam tabung gas maupun pipa yang menyalurkan gas ke stove kitchen.

7. Emergency Exit (Pintu Darurat)
Emergency exit ini adalah alat keamanan berupa pintu keluar darurat jika hotel mengalami sesuatu kejadian yang luar biasa seperti kebakaran. Emergency exit ini biasanya terdapat 2-3 buah yang masing-masing pintu keluar langsung menuju ke tempat yang aman. Emergency exit ada di dalam koridor kamar di masing-masing lantai yang biasanya langsung menuju ke parkiran mobil, emergency exit juga terdapat di lobi hotel dan di lobi ruang kerja karyawan hotel yang biasanya langsung menuju ke halaman depan atau halaman belakang hotel,sementara 1 lagi biasanya terdapat di dalam kitchen yang langsung menuju lobi hotel.

8. Metal Detector
Metal detector ini adalah alat keamanan yang berfungsi sebagai pendeteksi alat-alat logam yang dimungkinkan berbahaya yang dibawa oleh tamu. Selain itu metal detector ini juga berfungsi untuk mencegah adanya bahan peledak yang masuk ke dalam hotel.

Sahabat Ajarian, alat dan sistem keamanan adalah suatu alat yang dibuat oleh manusia untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga alat dan sistem ini besar kemungkinan menjadi rusak atau tidak berfungsi. Maka dari itu, karyawan dan tamu hotel sepatutnya menjaga keamanan di hotel secara bersama-sama. Caranya dengan mengikuti prosedur dan peraturan yang ditetapkan oleh manajemen hotel.

Salam Jempol!