AJAR.id – Hello Ajarian! Store Keeper adalah posisi kerja di departemen accounting yang bertugas menjaga keluar-masuknya barang yang tersimpan di gudang hotel (gudang sentral).

Lalu apa saja pekerjaan seorang Store Keeper tersebut?

Pekerjaan seorang Store Keeper di antaranya:

  1. Membuat purchase requestion untuk barang- barang yang terdapat di gudang sentral seperti barang untuk tamu (guest supplies)
  2. Menerima store requestion (permintaan barang gudang) dari departemen lain dan memproses pengeluaran barang tersebut
  3. Melakukan penyimpanan barang sesuai dengan metode FIFO (first in first out)
  4. Mengontrol tanggal kadaluwarsa barang yang berada di gudang sentral seperti gula sachet, kopi sachet, dan teh sachet
  5. Mengontrol jumlah persediaan agar tidak terjadi empty stock (stok kosong) dengan menggunakan kartu persediaan
  6. Melakukan stock opname barang secara weekly dan monthly
  7. Melaporkan hasil stock opname barang kepada Cost Control

Di dalam melakukan tugasnya, seorang Store Keeper berada dalam pengawasan seorang Cost Control. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penimbunan barang di gudang sentral yang bisa mengakibatkan over budget. Barang yang disimpan di gudang sentral adalah barang yang termasuk fast moving terutama barang yang digunakan untuk tamu (guest supplies), galon air mineral, dan form-form milik departemen seperti Captain Order. Selain barang tersebut, sebaiknya langsung disimpan ke gudang masing-masing departemen untuk mempermudah pengawasan dan perawatan.

Agar keamanan barang yang terdapat di gudang sentral terjaga, seorang Store Keeper disarankan membuat peraturan agar tidak semua orang bisa masuk ke dalam gudang sentral. Tentu saja peraturan tersebut haruslah mendapatkan persetujuan dari Accounting Manager.

Nah, itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang Store Keeper.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama