AJAR.id – Hello Ajarian! Bagi Kamu yang lulusan SMK tata boga atau sekolah perhotelan yang mengambil jurusan tata boga atau kitchen dan ingin bekerja di perhotelan, alangkah baiknya mengenal beberapa posisi kerja di bagian Food & Beverage Production yang umumnya terdapat di hotel, restoran, kafe, dan kapal pesiar.

Secara garis besar departemen ini bertanggung jawab untuk memproduksi makanan dan minuman dengan tingkat kualitas tinggi untuk memberikan kepuasan kepada tamu-tamunya. Selain itu, departemen ini juga memastikan proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien untuk menghasilkan nilai-nilai bisnis.

Lalu apa saja kah posisi di Food & Beverage Product?

Berikut ini 13 posisi di Food & Beverage Product yang umumnya ada di setiap hotel, restoran, kafe, dan kapal pesiar:

  1. Apprentice/Trainee Chefs
    Ini adalah posisi untuk anak-anak sekolah atau mahasiswa kampus perhotelan yang sedang magang di hotel atau restoran.
  1. Cook Helper/Commis Chef
    Cook Helper ini bertugas untuk membantu para Cook atau juru masak di dalam mempersiapkan bahan-bahan yang akan diolah seperti membuat garnish (hiasan) dan menyiapkan potongan-potongan sayuran. Selain itu, Cook Helper juga memastikan semua persiapan dilakukan dengan menjaga kualitas yang tinggi.
  1. Dish Washer/Steward
    Dishwasher ini bertugas untuk membersihkan area kitchen dan peralatan yang ada di kitchen termasuk peralatan makan dan minuman untuk tamu. Tidak hanya itu, Dishwasher juga memastikan semua peralatan dalam keadaan baik, serta melakukan proses pembersihan dengan tingkat hasil kualitas higienis yang tinggi.
  1. Hot Kitchen Staff
    Hot Kitchen Staff ini bertugas untuk memasak menggunakan wok atau kompor yang dapat menyalakan api dengan besar. Bila Hot Kitchen Staff ini berada di hotel, maka umumnya berada di restoran utama atau banquet dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Hal ini menuntut staf di bagian ini untuk memiliki kecepatan, ketelitian, keakuratan, dan menghasilkan konsistensi produk yang berkualitas tinggi.
  1. Admin Kitchen
    Admin Kitchen bertugas untuk menginput dokumen-dokumen yang ada di kitchen seperti permintaan barang ke gudang, permintaan pembelian ke Purchaser, dan melakukan stok opname atas barang yang ada di kitchen.
  1. Butcher
    Butcher ini bertugas untuk membersihkan dan memotong berbagai bagian-bagian daging agar siap diolah.
  1. Pastry/Baker
    Seorang Pastry bertugas untuk membuat menu berupa kue dan roti. Pimpinan tertinggi di posisi ini adalah Pastry Chef.
  1. Garde Manger Chef
    Bertugas di cold kitchen, posisi ini berfungsi untuk mengawasi semua persiapan makanan-makanan dingin misalnya salad.
  1. Saucier Chef
    Bertugas untuk membuat sauce dan memasak item-item yang ditumis (sautéed).
  1. Demi Chef
    Seorang Demi Chef ini adalah kapten dari Hot Kitchen Staff. Selain itu, ia juga memastikan bahwa semua timnya bekerja sesuai harapan, memberikan pelatihan, mengontrol stok, serta menjaga kualitas dan konsistensi produk yang dihasilkan.
  1. Chef De Partie
    Chef De Partie ini merupakan supervisor atau pemimpin kitchen pada outlet tertentu, yakni memberikan supervisi kepada Demi Chef dan semua tim di outlet yang dipimpinnya.
  1. Sous Chef
    Dari katanya, sous kadang diartikan sebagai saus. Sehingga Sous Chef ini identik dengan chef pembuat saus. Anggapan seperti itu ternyata salah, Sous Chef adalah asisten Kepala Kitchen (Executive Chef). Apabila Kepala Kitchen berhalangan hadir, maka tugasnya bisa ambil alih oleh Sous Chef untuk memastikan kelancaran operasional berjalan dengan baik.
  1. Head Chef/Executive Chef
    Head Chef adalah kepala di bagian kitchen. Tugas dari Head Chef adalah membuat menu baru, mengontrol safety food dan taste dari masakan, dan memastikan semua proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien.
    Titel Head Chef ini untuk ukuran operasional kecil dan sedang, sedangkan untuk yang skala besar nama posisinya adalah Executive Chef yang bertanggung jawab untuk memimpin seluruh outlet kitchen yang ada di hotel.

Itulah 13 posisi kerja yang umumnya ada di Food & Beverage Product Department. Tentunya, antara hotel satu dengan yang lainnya tergantung besar atau kecilnya wilayah operasional kerja yang ada.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama