AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu melakukan reservasi atau booking kamar hotel, kemudian Kamu diminta untuk membayar deposit minimal seharga tarif kamar tersebut? Jika pernah, metode pembayaran apa yang Kamu gunakan? Nah, bagi Kamu yang belum tahu, ada beberapa macam payment method yang bisa digunakan oleh tamu hotel. Tentunya dengan banyaknya pilihan payment method ini akan memudahkan tamu dalam proses pembayaran.

Apa aja payment method tersebut?

Macam-macam payment method yang bisa digunakan oleh tamu:

  1. Cash
    Metode pembayaran yang pertama adalah cash atau dengan menyerahkan sejumlah uang tunai kepada resepsionis. Metode ini biasanya digunakan untuk tamu walk in atau tamu yang secara langsung melakukan reservasi melalui staf resepsionis.
  2. Debit Card
    Metode pembayaran yang kedua adalah dengan menggunakan debit card. Debit card akan digesekkan ke mesin EDC ketika melakukan transaksi pembayaran. Nilai nominal dari pembayaran tersebut akan langsung dipotongkan ke saldo buku tabungan milik tamu.
  3. Credit Card
    Metode pembayaran yang ketiga adalah dengan menggunakan credit card. Ada tiga macam credit card yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi, yakni Visa, Master, dan AMEX (American Express). Biasanya pihak hotel akan memberikan harga khusus dan potongan harga apabila tamu menggunakan credit card sebagai cara pembayaran kamar.
  4. Bilyet Giro dan Cheque
    Metode pembayaran yang keempat adalah dengan menggunakan Bilyet Giro atau BG dan cheque. Metode pembayaran ini digunakan untuk tamu corporate atau tamu dari perusahaan BUMN dan Swasta. Pihak hotel akan memberikan harga khusus corporate sebagai bentuk kerjasama apabila perusahaan tersebut sering menggunakan unit hotel sebagai tempat penyelenggaraan meeting atau menginap. Perusahaan akan memberikan selembar cheque yang bisa dicairkan oleh pihak hotel di bank penerbit cheque tersebut sebagai bentuk pembayaran atas transaksi reservasi yang dilakukan oleh perusahaan.
  5. Transfer ke Rekening Pihak Hotel
    Di era yang serba cepat ini, pembayaran bisa dilakukan dengan langsung mentransfer sejumlah uang ke rekening pihak hotel. Transfer langsung ke rekening pihak hotel ini bisa menggunakan internet banking, mobile banking, dan transfer melalui mesin ATM.

Sahabat Ajarian! Itulah beberapa payment method yang bisa digunakan tamu ketika akan melakukan transaksi reservasi dan pembayaran di hotel. Dengan banyaknya pilihan payment method tersebut, tamu akan dimudahkan dalam melakukan transaksi dengan pihak hotel. Kemudahan dalam pembayaran merupakan salah satu poin dari excellent service.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama