AJAR.id – Hello Ajarian! Gudang sentral adalah gudang yang dimiliki oleh hotel untuk menyimpan barang-barang kebutuhan tamu hotel. Gudang sentral di jaga oleh seorang Store Keeper agar keluar-masuknya barang terkontrol. Untuk mengeluarkan barang di gudang sentral terdapat beberapa langkah yang dilakukan agar pengeluaran barang di gudang sentral dapat dimonitor.

Bagaimana langkah-langkah pengeluaran barang di gudang sentral?

Langkah-langkah pengeluaran barang di gudang sentral:

  1. Membuat jadwal pengeluaran barang, sehingga pengeluaran barang menjadi terkontrol
  2. Admin departemen akan membuat store requestion atau permintaan barang dari gudang
  3. Store requestion tersebut harus diverifikasi secara sistem dan print out oleh Departement Head masing-masing
  4. Setelah print out store requestion ditandatangani, kemudian diserahkan ke Store Keeper
  5. Store Keeper akan mengecek kesesuaian jumlah barang yang diminta dengan jumlah persediaan yang terdapat di gudang, apabila jumlah barang yang diminta melebihi dengan jumlah persediaan maka Store Keeper akan menyesuaikan jumlah barang tersebut
  6. Store Keeper akan melakukan pengeluaran barang secara sistem untuk mengurangi jumlah barang yang tersimpan pada data base hotel system.
  7. Print out pengeluaran barang kemudian diserahkan ke Cost Control untuk diproses dan diverifikasi
  8. Setelah mendapat verifikasi dari Cost Control, barulah Store Keeper melakukan pengeluaran barang secara fisik
  9. Pengeluaran barang tersebut dilakukan secara FIFO (first in first out) atau mengeluarkan barang yang masa kadaluwarsanya lebih pendek terlebih dahulu
  10. Jumlah barang yang keluar kemudian dicatatkan pada sisi kredit kartu persediaan barang.

Seperti pembelian barang, proses pengeluaran barang dari gudang sentral juga harus mendapatkan persetujuan supaya tidak terjadi kelebihan jumlah kelebihan beban departemen yang bersangkutan. Karena apabila terjadi kelebihan beban departemen, budget dari departemen tersebut bisa diturunkan jumlahnya. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen logistik dan perencanaan yang baik untuk mengelola barang-barang hotel.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama