AJAR.id ─ Hello Ajarian! Kesan pertama yang tamu dapatkan saat pertama menginjakkan kaki di hotel sering kali diperoleh dari cara karyawan menyambut tamu, yang melibatkan body language. Menjadi staf concierge berarti Kamu menjadi garda depan hotel saat menyambut tamu, sehingga harus selalu siap untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Maka dari itu, karakter seorang concierge profesional haruslah penuh perhatian (attentive). Tamu yang datang mungkin saja dalam kondisi badmood karena kelelahan setelah menempuh perjalanan, maka buatlah mereka merasa nyaman setibanya di hotel dengan memberikan simpati saat tamu melontarkan keluh kesahnya.

Akan tetapi Kamu juga harus tetap sopan (courteous) dengan tidak menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi pada tamu. Tugasmu cukup menjadi pendengar yang baik dan menawarkan solusi bila dibutuhkan. Pahamilah cara berkomunikasi dengan customer serta metode mendengarkan yang efektif saat berkomunikasi. Kemudian, menjadi staf concierge tentu harus mempunyai product knowledge yang baik sehingga mampu menjelaskan produk-produk serta servis yang dimiliki hotel. Ketika penjelasanmu seputar produk yang dijual hotel ternyata membuat tamu tertarik, maka Kamu membantu meningkatkan penjualan (selling skill).

Tak hanya itu, grooming seorang concierge wajib memenuhi standar yang ditetapkan hotel. Standar tersebut sesuai dengan poin-poin berikut ini:

  • Postur tubuh yang baik ─ tidak condong ke kiri atau kanan, tidak membungkuk, tegap namun tetap rileks
  • Perhiasan ─ hanya boleh mengenakan satu cincin saja, selain itu tidak diperbolehkan
  • Memakai wewangian ─ semprot parfum secukupnya dan gunakan deodoran setiap hari
  • Riasan wajah natural ─ cukup menggunakan make-up yang minimalis untuk memberi kesan segar dan rapi
  • Higienitas tinggi ─ staf wajib mandi sebelum bekerja dan bila Kamu memiliki luka maka wajib ditutupi dengan rapi
  • Kumis, janggut─ bagi staf pria, rambut di wajah harus dicukur rapi
  • Rambut ─ tidak gondrong, disisir ke belakang, bagi wanita disarankan untuk dikuncir atau digelung
  • Kebersihan tangan ─ perhatikan kebersihan tangan, kuku tidak boleh panjang serta dilarang memakai kuteks yang mencolok
  • Kesehatan dan kebersihan mulut terjaga
  • Seragam rapi ─ pastikan seragam sudah disetrika sebelum dipakai agar tidak kusut
  • Sepatu disemir ─ sepatu yang digunakan harus disemir, untuk sepatu berhak, baiknya Kamu memilih hak yang rendah.

Tiap hotel memiliki standar tersendiri terkait grooming dan penampilan. Standar tersebut bisa menjadi sangat detail sehingga pastikan penampilanmu sudah sesuai agar seragam dengan staf lainnya. Ingat ya Ajarian, penampilan dirimu bukan hanya sebagai identitas diri, namun juga menunjukkan identitas hotelmu. Selain penampilan, perhatikan juga bagaimana caramu bersikap serta Karakter yang Harus Dimiliki Room Attendant Handal.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya