AJAR.id – Hello Ajarian! Tahukah Kamu bahwa sales and marketing terbagi menjadi tiga bagian besar yaitu, mencari pangsa pasar baru, mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada, dan mengembangkan ke pangsa pasar yang lain? Merujuk kepada tiga fungsi tersebut, maka pada tahap pertama kali hotel dibuka maka mereka harus mampu mencari pangsa pasarnya.

Lalu, bagaimana cara mencari pangsa pasar  baru dan  teknik apa yang bisa digunakan?

Berikut adalah cara mencari tamu sesuai dengan pangsa pasarmu:

Pertama, Canvassing The Market

Selayaknya berperang, maka Kamu harus memiliki peta yang jelas, yaitu dengan menggambarkan siapa pangsa pasarmu dan di mana keberadaan mereka.

Lihatlah di radius 0 km hingga 5 km dari lokasi hotelmu. Gedung apa yang Kamu lihat? Kantor-kantor apa saja yang Kamu lihat? Fasilitas umum apa yang Kamu lihat? Bila dalam radius 0 hingga 5 km dari lokasi hotelmu terdapat perusahaan-perusahaan skala nasional dan internasional, atau jika Kamu melihat kantor-kantor pemerintahan berdiri kokoh di sekitaran kisaran radius tersebut, maka kemungkinan besar mereka adalah prospek yang bisa Kamu olah.

Gali dengan teliti, apa aktivitas bisnis mereka? Mungkinkah mereka akan melakukan pertemuan? Ataukah mereka sering menerima tamu dari kota lain? Jika iya, maka kemungkinan mereka adalah pasar potensialmu. Cari tahu nomor kontak dan lakukan kunjungan untuk mengenalkan hotelmu secara langsung.

Kedua, Garap National Key Account

Khusus untuk hotel chain, umumnya mereka memiliki basis pasar dari national key account yang melakukan kontrak kerja sama dengan kantor pusat pada jaringan hotelmu. Umumnya perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam national key account adalah perusahaan besar yang beroperasi secara nasional dan internasional yang memiliki banyak kantor cabang. Misalnya saja dari industri perbankan. Bila Kamu melihat perusahaan yang ada di radius O km hingga 5 Km dari lokasi hotelmu yang telah bekerja sama dengan jaringan hotelmu, maka layak untuk dikunjungi untuk mengenalkan produk dan layanan yang diberikan oleh hotelmu.

Ketiga, Travel Agent/Whole Seller

Travel agent seperti Kaha Tour, MG Holiday atau Panorama merupakan partner bisnis yang sangat potensial untuk membantumu mengembangkan pasar. Jalinlah komunikasi dan kerja sama yang baik dengan mereka. Lalu, berikan gambaran atas produk dan layananmu.

Keempat, Fliyering

Sebar brosur hotelmu pada tempat-tempat yang ramai, buat aktivitas yang menarik yang dapat membuat pengunjung bersedia mengisi data mereka, lalu tawarkan produk dan layanan di hotelmu.

Kelima, Kenali Supplier

Pahami kegiatan bisnis dari supplier-mu, khusus supplier skala besar dan nasional kemungkinan mereka adalah salah satu prospek untuk hotelmu.

Hasil akhir dari kelima aktivitas tersebut adalah database para prospek yang masih harus  digarap hingga mereka menggunakan fasilitas layanan di hotelmu. Kelima cara tersebut adalah cara klasik yang banyak digunakan oleh sales and marketing hotel. Masih banyak cara cara lain yang bisa dikembangkan, baik secara offline maupun online.

Seorang Sales yang handal biasanya akan giat dan tekun dalam mencari dan mengelola kebersihan database-nya, sehingga jaringannya dapat membuahkan pundi-pundi rupiah untuk memenuhi target yang diembannya.

Salam Jempol!

By Ikin Solikin