AJAR.id ─ Hello Ajarian! Salah satu staf yang bertugas di hotel ialah concierge. Kata concierge sendiri diambil dari bahasa Perancis yang memiliki arti ‘melayani’. Hal ini sesuai dengan tanggung jawab mereka yaitu melayani tamu mulai dari awal kedatangan mereka hingga kepulangan. Petugas concierge akan selalu standby di lobby dan umumnya memiliki meja tersendiri yang terpisah dari front office. Apakah tugas serta tanggung jawab seorang petugas concierge di hotel? Langsung simak aja yuk!

  1. Menyapa tamu
    Ketika ada tamu yang datang, staf concierge harus menyambut mereka dengan hangat serta senyuman lalu ucapkan greeting standar di hotel, misalnya ‘Selamat datang di Ajar Hotel’. Bila ada tamu yang butuh bantuan untuk turun dari mobil seperti tamu lanjut usia, bantulah dengan menopang siku mereka lalu tuntun hingga berada di posisi yang nyaman.
  1. Membawakan barang tamu
    Barang bawaan tamu perlu dibawa dari mobil/bus ke dalam lobby dan dijaga hingga tamu menyelesaikan administrasinya di resepsionis. Untuk tamu rombongan, Kamu perlu mencatat jumlah koper dan memberi label agar tidak tertukar dengan rombongan lain. Barang bawaan tersebut kemudian akan dibawa menuju kamar tamu. Terkadang ada pula koper milik tamu yang tiba lebih dulu, kalau seperti ini maka koper harus diamankan dalam storage area hingga tamu yang bersangkutan sampai di hotel.
  1. Berkoordinasi dengan front office dan departemen lain
    Concierge bertugas untuk berkoordinasi dengan Manajer departemen front office atau departemen lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan berbagai kebutuhan tamu di hotel. Contohnya, Kamu perlu menghubungi front office untuk mengetahui informasi kedatangan tamu, atau berkoordinasi dengan porter terkait tugas membawakan barang bawaan.

Selain ketiga tugas utama ini, concierge juga bertanggung jawab sebagai penyampai pesan dari atau untuk tamu, melayani pertanyaan seputar atraksi wisata di sekitar hotel, mengatur permintaan sewa kendaraan atau paket wisata, hingga membantu memesankan tiket pesawat dan tiket pertunjukan. Pekerjaan concierge mengharuskanmu untuk selalu berinteraksi dengan tamu, maka perhatikan sikap dan tutur katamu karena hal tersebut akan merepresentasikan image hotel di mata tamu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya