AJAR.id – Hello Ajarian! Divisi sales and marketing bertugas dan bertanggung jawab untuk mendatangkan tamu ke hotel sesuai target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Untuk mendatangkan tamu ke hotel, anggota tim yang berada di divisi sales and marketing ini akan melakukan kegiatan operasional. Kegiatan operasional divisi sales and marketing hotel dibagi menjadi 3 bagian yakni selling, marketing, dan promoting.

Di masing-masing bagian ini terdapat kegiatan operasional yang harus dikerjakan oleh seseorang yang berada di divisi sales and marketing baik itu di level staf maupun di level manajerial. Kegiatan operasional apa saja? simak artikel di bawah ini!

Macam-macam kegiatan operasional divisi sales and marketing di hotel:

Pertama, Selling

Selling  adalah kegiatan operasional untuk menjual kamar maupun event-event yang akan dikelola oleh unit hotel. Di dalam melakukan kegiatan selling ini, ada beberapa tugas yaitu:

  • Menjual kamar secara langsung atau melalui media online
  • Menjual kamar melalui tour agent yang berada di wilayah unit hotel tersebut
  • Menjual event-event baik itu promotion event maupun banquet event.

Kedua, Marketing 

Marketing adalah kegiatan operasional untuk memperluas sebaran area penjualan unit hotel. Ada beberapa tugas di dalam melakukan kegiatan marketing, yaitu:

  • Melakukan sales call atau penawaran melalui telepon kepada instansi pemerintah maupun perusahaan swasta dan perorangan
  • Melakukan kunjungan kerja ke instansi pemerintah maupun perusahaan swasta
  • Membuat program kerja sama B-B (Business to Business) antara pihak hotel dengan perusahaan maupun program kerja sama B-G (Business to Government) antara pihak hotel dengan pemerintah
  • Melakukan analisa pasar secara berkala termasuk analisa terhadap unit hotel lainnya yang masih berada di dalam satu wilayah yang sama
  • Controlling terhadap perubahan occupancy supaya tidak berada di bawah estimasi dan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ketiga, Promoting 

Promoting adalah kegiatan operasional untuk memperkenalkan brand atau nama unit hotel kepada masyarakat luas untuk memberikan support terhadap kegiatan operasional selling. Di dalam melakukan kegiatan promoting ini, terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Pemasangan iklan di media cetak maupun elektronik
  • Pemasangan banner dan baliho di sudut jalan protokol
  • Membuat event-event seperti konser, new year party, valentine party
  • Turut serta di dalam kegiatan-kegiatan yang di adakan oleh pemerintah terutama yang berkaitan dengan Pariwisata
  • Membuat diskon harga dan harga khusus corporate bagi perusahaan dan instansi pemerintah
  • Mengadakan kegiatan sosial seperti donor darah dan bakti sosial
  • Membuat dan menyebarkan brosur ke kantor instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Sahabat Ajarian, ketiga bagian kegiatan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Tanpa promoting dan marketing, kegiatan selling atau aktivitas penjualan tidak akan berjalan lancar, begitu juga sebaliknya tanpa kegiatan selling, kegiatan promoting dan marketing bisa membuat biaya yang dikeluarkan oleh unit hotel akan semakin besar karena tidak adanya pendapatan dari penjualan. Jadi, di dalam job desk (deskripsi pekerjaan) seorang staf maupun manajer di divisi sales and marketing terdapat tiga bagian kegiatan operasional yang harus dilakukan untuk mendatangkan tamu dan menjaga agar occupancy dan pendapatan hotel tetap stabil bahkan meningkat.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama