AJAR.id ─ Hello Ajarian! Sebagai room attendant, Kamu menjadi salah satu ‘perwakilan’ atau ‘representasi’ hotel di mata tamu. Maka dari itu, sudah sepantasnya Kamu menjaga penampilan agar nyaman dipandang dan selaras dengan suasana hotel. Penampilan rapi dan bersih merupakan simbol profesionalitas dan higienitas, di mana hal ini sangat berpengaruh pada penilaian tamu terhadap sebuah hotel. Standar grooming dan penampilan diri yang harus Kamu ikuti contohnya adalah:

  1. Clothing ─ pakaian yang dikenakan room attendant wajib dalam kondisi bersih saat memulai shift. Segera tukar seragammu bila ternyata kotor ketika akan dipakai. Seragam juga harus digunakan sesuai aturan yang berlaku, sama halnya dengan sepatu.
  2. Name Badge ─ setiap staf harus menyematkan name badge pada seragamnya. Umumnya, name badge berbentuk pin dipasang pada bagian dada sebelah kiri.
  3. Rambut ─ bagi staf pria, rambut tidak boleh gondrong. Rambut pria harus dipotong pendek dan disisir rapi. Untuk wanita, bisa menggunakan jepit atau digelung agar rapi. Warna rambut harus natural dan tidak mencolok.
  4. Kuku ─ kuku harus dipotong pendek, dalam kondisi bersih, dan tidak menggunakan kuteks warna-warni.
  5. Perhiasan ─ khusus cincin, diperbolehkan hanya memakai satu saja. Perhiasan lain seperti gelang, kalung, tindik hidung tidak diperkenankan untuk dipakai. Bila mengenakan jam tangan, pakailah yang memberi kesan formal
  6. Make-up ─ riasan wajah sebaiknya minimalis dan tidak berlebihan, cukup memberi kesan segar dan rapi saja. Selain itu, tidak boleh ada tato yang terlihat.
  7. Wewangian ─ parfum boleh digunakan, namun jangan menyemprotnya secara berlebihan hingga wanginya mendominasi ruangan. Staf juga harus memakai deodoran setiap hari, apalagi bagi mereka yang melakukan pekerjaan berat atau harus sering bergerak.
  8. Kebersihan diri ─ staf wajib untuk mandi sebelum bekerja, termasuk menyikat gigi dan mencuci muka.
  9. Barang bawaan ─ tidak diperkenankan membawa tas pribadi saat bekerja, apalagi membawa ponsel/hand phone.

Tiap hotel memiliki standar tersendiri terkait grooming dan penampilan. Standar tersebut bisa menjadi sangat detail sehingga pastikan penampilanmu sudah sesuai agar seragam dengan staf lainnya. Ingat ya Ajarian, penampilan dirimu bukan hanya sebagai identitas diri, namun juga menunjukkan identitas hotelmu. Selain penampilan, perhatikan juga bagaimana caramu bersikap serta karakter yang harus dimiliki room attendant handal.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya