AJAR.id – Hello Ajarian! Apakah Kamu sedang bingung mencari topik pembahasan untuk di posting di website hotelmu? AJAR.id telah mengumpulkan beberapa topik yang dapat memunculkan ide kreatifmu.

Industri hotel adalah salah satu industri yang sangat luas dan kita semua patut bangga, karena dapat menjadi bagian dari gaya hidup bagi banyak orang. Oleh karena itu, dalam menentukan topik website untuk menarik minat mereka, ada banyak sekali topik yang dapat dipilih.

Blog yang Kamu tulis sangat bermanfaat sekali untuk menunjang Google Search Engine, sehingga website hotelmu dapat mudah ditemukan oleh tamu yang berpotensi menjadi tamu hotelmu dari saluran langsung (Direct Booking).

Target pembacamu adalah mereka yang suka bepergian, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan. Oleh karena itu, jenis topik yang dapat dipilih juga dapat bervariasi. Mereka bisa saja mencari segala macam informasi tentang destinasi, hal-hal seputar properti, sejarah, budaya, karakteristik orang di setiap daerah dengan berbagai macam keunikannya, makanan, dan minuman. Gunakan topik-topik tersebut sebagai kategori dari tema untuk menarik para pelancong ke situs web hotelmu melalui blog yang menarik. Kemudian tawarkan mereka pengalaman menginap di hotelmu.

Lalu apa saja kah topik yang dapat digunakan untuk dapat memunculkan ide menulis blog hotel?

  1. Atraksi dan Acara Lokal
    Google Local Guides menegaskan kembali fakta bahwa konten lokal adalah jalan menuju sukses dalam pemasaran konten digital untuk penetrasi pembaca. Pelancong mencari tips dan ide yang kaya, menarik dan asli tentang destinasi setiap saat melalui mesin pencarian di Google.
    Oleh karena itu, Kamu dapat menulis tentang atraksi lokal, berita yang unik tentang aktivitas di seputaran hotelmu, renovasi yang sedang berlangsung baik untuk hotelmu maupun tempat wisata atau Kamu juga dapat mengulas tentang tempat-tempat hiburan yang ada di kotamu. Selain itu, acara-acara lokal di kotamu juga dapat menarik minat pembaca.
    Jelaskan dengan rinci, apa yang akan terjadi, kapan jadwalnya, bagaimana cara menikmati acaranya, dan bagaimana cara merencanakan perjalanan di seputar acara populer tersebut.
  1. Foto dan Video
    Sejauh ini, konten blog yang paling menarik adalah jenis visualnya. Lihatlah ke sekeliling hotel, kota, dan lokasimu. Potret semuanya, tambahkan caption yang sesuai, berikan relevansi dengan topik, dan posting di blogmu. Posting-kan gambar dan video dengan variasi yang berbeda supaya memiliki nilai pencarian yang bagus pada mesin pencari.
  1. Makanan, Wine, dan Segala Keramahan
    Siapa yang tidak suka membicarakan makanan, wine, bir, spa, dan pengalaman memanjakan lainnya saat berlibur? atau bahkan selama kunjungan bisnis?
    Jika Kamu memiliki jenis layanan seperti ini, maka buat ulasannya dan posting dalam blogmu. Kamu dapat mengulas tentang menu favorit, daftar wine, bagaimana Kamu memilih bir, winemakers, atau proses apa yang telah dilakukan dibalik minuman ini. Kamu juga dapat mengulas lebih dalam mengenai menu spamu. Jika hotelmu tidak memiliki spa, buatlah blog tentang spa terbaik di lokasimu.
    Selain itu, perluas fokus pada konten F & B-mu untuk mengulas makanan dan minuman pada tempat-tempat lokal yang populer, misalnya restoran terbaik di kotamu, makanan lokal, new opening restaurant, dan konten tentang makanan atau minuman terbaik khas lokal.
  1. Tips Perjalanan
    Kamu dapat mengulas tips tentang perjalanan. Misalnya: Apa yang harus wisatawan beli? Seperti apa cuacanya? Apakah air setempat aman untuk diminum? Bagaimana cara memesan kegiatan? Bagaimana cara berkeliling kota ketika mereka berkunjung?
    Umumnya, wisatawan memiliki banyak pertanyaan tersebut tentang destinasimu. Gunakan blogmu untuk menjawab dan menjadikannya relevan untuk konten website hotelmu.
  1. Blog dan Bacaan yang Disarankan
    Hal terakhir yang dibutuhkan seorang traveller adalah menelusuri informasi destinasi dan menemukan informasi yang relevan. Buatlah perencanaan penerbitan konten secara teratur agar membantu pembaca dalam memahami destinasi terbaik untuk dibaca, khususnya di kotamu.
  1. Tulis Apa yang Kamu Pedulikan dan Senangi
    Jika Kamu percaya dan peduli pada penyelamatan lingkungan, memiliki gairah atau hobi otomotif, suka hiking atau minat lain, gunakan blogmu untuk membicarakannya. Jika Kamu tertarik dengan hobi tersebut, maka orang lain juga memiliki kecenderungan yang sama. Oleh karena itu, Kamu dapat menulis konten dengan topik-topik seputar hobi agar mereka dapat menelusuri blogmu dan menjadi tamu yang potensial bagi hotelmu.
  1. Di Balik Layar
    Semua orang suka siapa dibalik layar ‘dalam lingkaran’ pelayanan di hotel. Pertimbangkan untuk menulis blog dari sudut pandang staf hotel dan berikan ulasan menarik dengan cara yang unik dan lucu.
  1. Legenda dan Sejarah Lokal
    Apakah ada cerita hantu atau legenda di daerah Kamu? Apakah hotelmu menginspirasi seorang novelis atau bintang terkenal untuk membuat sebuah film?
    Gunakan cerita-cerita di blogmu untuk menarik perhatian audiensmu, hal ini akan sangat membantu dalam mendidik tamu potensial tentang budaya dan sejarah lokal, menggambarkan peristiwa sejarah yang terkenal dan menjelaskan akar adat setempat. Beberapa orang melakukan perjalanan untuk kedamaian dan ketenangan, namun ada pula yang secara aktif mencari tahu tentang lokasi dan cara hidup yang baru atau mempelajari sejarah lokal.
  1. Frase Bahasa yang Bermanfaat
    Jika hotelmu berada di negara yang berbahasa asing, buatlah daftar frase setiap hari yang berguna dalam panduan bahasa.
  1. Selebriti
    Ini adalah era budaya selebriti dengan penggemar memasukkan semua hal tentang mereka. Jadi jika Kamu memiliki selebriti yang telah mengunjungi kotamu, bicarakanlah dalam blogmu. Pertimbangkan pos seperti “lokal spot yang harus dikunjungi” atau “di mana Kamu bisa bertemu dengan selebriti A saat berada di kota“.

Sahabat Ajarian, itulah 10 topik yang dapat memunculkan ide kreatif untuk menulis website hotelmu. Jadi, jika Kamu bingung untuk menentukan topik, maka buatlah topik yang akan dibuat dalam sebuah rencana pengembangan konten dalam sebuah daftar. Hal ini tentu melelahkan, tapi akan sangat membantu jika Kamu kehabisan tenaga untuk memikirkan tentang topik yang akan diulas. Tentunya, topik yang dipilih haruslah disesuaikan dengan kebutuhan yang unik dari properti atau hotelmu dan sesuaikanlah gaya tulisan yang digunakan dengan gayamu sendiri.

Ceritakan ide yang paling sesuai untuk hotelmu, AJAR.id ingin mendengar kabar sukses darimu!

Salam Jempol!

By STAAH Limited